Tau Gak Sih Jenis Burung yang Tidak bisa Terbang

Burung Kiwi HEWAN

Ayam”? Bukan, ini tuh Jenis Burung Kiwi kuy

Tau Gak Sih Burung kiwi ialah satu diantara type burung yang tidak dapat terbang. Tubuhnya dapat tumbuh sampai seukuran ayam, dengan berat 2-5 kg. Daerah persebaran alami spesies burung ini juga hanya terbatas di Selandia Baru. Burung ini ada dalam tiga spesies, Apteryx australis ada di tiga pulau penting Selandia Baru. Sesaat Apteryx oweni serta Apteryx haasti cuma ada di pulau Selatan saja.

Burung yang konon dapat hidup saat 20 tahun ini ialah burung yang setia pada pasangannya. Cuma anehnya sang betina lebih menguasai dalam perkawinan Mode penyusunan semacam ini nyatanya begitu spesial serta adil. Perihal ini begitu langka bahkan juga dalam dunia burung serta banyak kelebihan dari burung kiwi ini di banding dengan burung Hewan Peliharaan lainnya, Kok dapat? Kuncinya pada pembagian pekerjaan.

Dalam waktu berbiak daya sang betina sejumlah besar akan dihabiskan untuk keluarkan telur. Walaupun cuma 1-2 butir, ukuran telur burung Kiwi mengagumkan besar. Tidak hanya ukurannya, berat telur ini benar-benar mengherankan, beratnya dapat sampai 25% berat badan induknya! Dibanding kerabatnya, burung unta yang telurnya hanya 2% dari berat badan induknya, serta berat bayi manusia kurang lebih cuma 5% saja dari berat ibunya serta telur ini dierami seputar 75 hari – 80 hari.

Oleh karenanya, pekerjaan selebihnya dikerjakan si pejantan, termasuk juga masalah membereskan sarang, mengerami telur, sampai temani si kecil mencari makan sesudah telurnya menetas. Hebat kan? Burung Kiwi memang deh, kecil-kecil cabe rawit…..salah satunya lubang hidung burung Kiwi ada hampir di ujung paruhnya, tidak miliki ekor serta sayapnya begitu kecil, oleh sebab kondisi sayapnya yang begitu kecil itu burung kiwi tidak dapat terbang. Paruhnya langsing serta tajam perihal ini sama dengan makanannya yakni hewan- hewan kecil seperti cacing serta hewan- hewan lainnya. Lubang hidung burung kiwi ada hampir di ujung paruhnya.

Burung kiwi adalah burung yang hidupnya nokturnal yakni keluar serta mencari makan pada saat malam hari. Kiwi biasa mencari makan pada malam hari. Itu yang membuat kiwi jarang tampak oleh manusia. diluar itu, kiwi termasuk juga burung pemalu. Untuk ambil makanan dari dalam tanah, burung kiwi biasa memakai paruhnya yang panjang serta tajam. Uniknya, diujung paruhnya itu ada indra penyecap makanan.

Makanan kegemarannya ialah cacing tanah, serangga tanah, buah–buahan semak, serta hewan–hewan kecil yang bau. umumnya kiwi berada didalam lubang–lubang akar pohon besar. Musim kimpoi ialah waktu membuat teritori. Ukuran teritori dipastikan oleh sejauh manakah nada teriakan sang pejantan masih tetap dapat terdengar. Luasnya beragam, dari cuma 2 hektar sampai lebih dari 100 hektar.

 

Burung ini cuma mempunyai satu pasangan saat hidupnya. Tidak seperti burung-burung lainnya di luar Selandia Baru, yang hidup bersama dengan hewan mamalia, burung-burung Selandia Baru keluarkan berbau menusuk waktu menghasilkan lilin membuat perlindungan bulu-bulu mereka. Pada saat tidur kiwi suka melipat paruh serta kepalanya dalam, lalu menutupinya dengan bulu–bulunya. Jika bertamu musuh, kiwi akan selamatkan diri dengan lari.

Sekarang ini spesies kiwi termasuk juga menjadi hewan langka, jadi dengan dijadikannya dia menjadi simbol Negara akan menggerakkan banyak usaha pelestarian serta perlindungan buat keberlangsungan hidup kiwi supaya tidak punah. Nyatanya burung kiwi cuma bisa hidup dalam tempat gelap. Bila mereka terserang cahaya matahari, jadi mereka akan sakit serta lama2 dapat mengakibatkan kematian. Kiwi bau seperti jamur atau amonia. Perihal ini pula yang bisa saja mengakibatkan spesies itu sekarang terancam punah. kuy-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *